RELASI KPU Bangka, Tingkatkan Angka Pemilih Disabilitas BABEL

Tim Relawan Demokrasi Segmen Disabilitas bersama KPU Bangka melakukan kunjungan ke Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Sungailiat pada Selasa (29/1). (Foto: Suhargo)

Caption: Tim Relawan Demokrasi Segmen Disabilitas bersama KPU Bangka melakukan kunjungan ke Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Sungailiat pada Selasa (29/1). (Foto: Suhargo)

*Kunjungi SLB Negeri Sungailiat

Sungailiat, Mediapembaharuan.com-Relawan Demokrasi (RELASI) Segmen Disabilitas melakukan kunjungan ke Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Sungailiat pada Selasa (29/1).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan angka partisipasi pemilih disabilitas dalam pesta demokrasi 17 April 2019 mendatang.

Kegiatan dengan tagline "RELASI Goes to School" ini dimotori oleh Relasi Segmen Disabilitas yang beranggotakan 5 orang.

Pihak sekolah mendukung penuh kegiatan ini dikarenakan selain dinilai dapat meningkatkan kualitas pemilih juga sebagai wadah pembelajaran demokrasi bagi siswa.

"Ini adalah upaya nyata dari KPU Kabupaten Bangka dalam meningkatkan kualitas pemilih dan peningkatan jumlah pemilih yang dibantu Relawan Demokrasi," ujar
Ketua TIM Relawan Demokrasi Segmen Disabilitas KPU Bangka Suhargo.

Kegiatan ini juga melibatkan guru di sekolah tersebut sebagai juru bahasa isyarat untuk memudahkan interaksi dan komunikasi antara tim Relawan dengan peserta.

Tak hanya itu saja, untuk memudahkan peserta agar mudah dalam memahami materi yang disampaikan, Tim Relawan juga yang memberikan sosialiasi dengan menggunakan bahasa khas yaitu dengan memanfaatkan kata "pesta" untuk mengedukasi peserta bahwa akan ada pesta demokrasi yang diadakan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) terdekat nantinya, dan mengajak mereka untuk hadir memilih idolanya dengan cara dicoblos.

Kegiatan sosialisasi juga dihadiri oleh Komisioner dan pihak KPU Bangka yang menjadi tim peninjau pelaksanaan.

Sosialisasi menjadi lebih meriah dengan doorprize dan kuis tanya jawab yang berkaitan dengan Pemilu 17 April 2019.

Grup Drama Das Capital juga ikut andil dalam kegiatan ini dengan membawakan tema pemilu yang disampaikan secara gerakan, suara dan tulisan yang bertujuan memudahkan pemahaman amanat drama.

Kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 20 orang siswa yang dianggap telah mencukupi usia untuk menggunakan hak pilih.

Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat Komisi pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka, Hartati mengatakan, terdapat 534 pemilih disabilitas di Kabupaten Bangka.

Penulis : Suhargo 

Artikel Terkait: