Desa Zed Semarakkan Perayaan Maulid Nabi, Camat Mendo Barat: Panitia PHBI Luar Biasa BABEL

 Panitia PHBI Desa Zed. (Foto: Nova Mardiana)

Caption: Panitia PHBI Desa Zed. (Foto: Nova Mardiana)

Bangka, Mediapembaharuan.com - Penutupan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan pada Sabtu malam (01/12) oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Desa Zed, berlangsung meriah.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Camat Kecamatan Mendo Barat; Hismunandar, Perangkat Desa dan Tokoh Agama Desa Zed.

Penutupan acara perayaan Maulid Nabi tersebut menandakan bahwa berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini.

Berbagai kegiatan sampai dengan lomba diselenggarakan untuk menyemarakan perayaan Maulid Nabi pada tahun ini yang semuanya dipusatkan di Masjid As-Salam Desa Zed, diantaranya: Pawai Obor, Nganggung, Ceramah Agama, dan lain sebagainya.

Kegiatan perayaan ini juga berlangsung hidmat saat hari-H Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan pada tanggal 20 November 2018, yang diisi dengan ceramah agama oleh pemuka agama Desa Zed, Ust Zainul Arifin.

Serta dihadiri oleh para pejabat Pemerintahan Kabupaten dan Pemerintahan Provinsi. Diantaranya dihadiri oleh Camat Kecamatan Mendobarat, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bupati Bangka (diwakili Staff Ahli Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan), dan Ketua BKPRMI Kabupaten Bangka.

Penutupan perayaan maulid nabi Muhammad SAW juga diisi dengan penampilan Hadroh IAIN syeikh Abdurrahman Siddiq yaitu Hadroh Mahabbatur Rosul yang menjadikan perayaan maulid nabi ini semakin meriah.

Acara tersebut diisi dengan pengumuman pemenang lomba dan pembagian hadiah kepada pemenang perlombaan maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini.

Perlombaan yang dilaksanakan panitia PHBI kurang lebih satu minggu ini diikuti oleh masyarakat Desa Zed dengan antusias.

Perlombaan yang dilaksanakan diantaranya lomba Adzan, pidato, sholawat, kaligrafi, dan lomba syarhil Qur’an.

“Acara perayaan maulid nabi tahun ini, kami laksanakan untuk memperingati hari lahirnya Nabi kita, Nabi Muhammad SAW. Alhamdulillah kegiatan tersebut berjalan lancar dan sukses. Semoga tahun-tahun berikutnya kegiatan seperti ini akan terus kami laksanakan untuk membangkitkan gairah generasi yang cinta Rosulullah SAW," tutur Ketua PHBI, Adul Qodir.

Perayaan maulid nabi tahun ini tidak berbeda dengan perayaan maulid nabi yang dilaksanakan tahun-tahun sebelumnya. Faktanya kegiatan tersebut dilaksanakan setiap tahun oleh Pemerintah Desa Zed untuk memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW.

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H Desa Zed kali ini mengusung tema “Melalui Maulid Nabi Muhammad SAW Kita Tingkatkan Ukhwah Islamiah dan Silaturahmi Untuk Menjadikan Insan yang Cinta Rosulullah”.

Kepala Desa Zed, Suharjono dalam sambutannya yang mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh pihak dan masyarakat Desa Zed yang telah bekerja sama untuk merayakan maulid Nabi ini, terutama kepada panitia PHBI yang sukses melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan.

"Harapan kami semoga kedepannya menjadi lebih baik dan generasi desa kita semakin mencintai Rosulullah SAW. Satu kata untuk PHBI tahun ini , TERBAIK," ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Camat Kecamatan Mendo Barat, Hismunandar. Ia mengatakan bahwa kegiatan maulid nabi Muhammad SAW harus selalu dilaksanakan agar masyarakat selalu ingat dengan perjuangan Nabi Muhammad SAW.

Perayaan Maulid Nabi yang dilaksanakan panitia PHBI Desa Zed tahun ini meriah sekali dan semarak sekali, semoga tahun berikutnya menjadi semakin baik dan sukses. Dua kata untuk PHBI Desa Zed tahun ini, LUAR BIASA," ungkapnya.

Penulis: Nova Mardiana

Artikel Terkait: