Gandeng BKKBN, Mahasiswa IAIN SAS Babel Ajak Masyarakat Tingkatkan Kualitas Hidup Melalui KB BABEL

Sosialisasi Kemasyarakatan bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Kantor Lurah Parit Lalang, Kamis (18/10).

Caption: Sosialisasi Kemasyarakatan bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Kantor Lurah Parit Lalang, Kamis (18/10).

Mediapembaharuan.com - Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Sidik (IAIN SAS) Babel yang tergabung dalam kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) menyelenggarakan Sosialisasi Kemasyarakatan bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi, bertempat di Kantor Lurah Parit Lalang Kota Pangkalpinang bertajuk "Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat dengan Program KB", Kamis (18/10).

Puluhan masyarakat ikut andil dalam kegiatan tersebut yang mayoritasnya dari kalangan "emak-emak".

Firman selaku narasumber dari BKKBN menjelaskan, berdasarkan pendataan keluarga BKKBN, wanita yang menikah di bawah usia ideal 21 tahun sebesar 55,58%. Sedangkan untuk laki-laki, yang menikah di bawah usia ideal 25 tahun sebesar 52,41%.

"Sehingga usia menikah di bawah usia ideal dirasa masih cukup tinggi, apalagi di daerah Bangka Selatan, diumur belasan tahun sudah berkeluarga," jelasnya.

Untuk itu, bagi yang sudah terlanjur menikah di usia muda diajak untuk dapat mensukseskan program Kelurga Berencana (KB). "Jika memang sudah nikah muda, mari kita ajak untuk ber-KB untuk mencegah angka fertilitas meningkat," imbuhnya. (Tahir) 

Artikel Terkait: