Arinda Unigraha Wakili Babel dalam PUTERA-PUTERI MARITIM INDONESIA BABEL

Kementerian Koordinator Kemaritiman Republik Indonesia bersama Yayasan Putera-Puteri Maritim Indonesia kembali menggelar pelaksanaan Pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia 2018/MP.

Caption: Kementerian Koordinator Kemaritiman Republik Indonesia bersama Yayasan Putera-Puteri Maritim Indonesia kembali menggelar pelaksanaan Pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia 2018/MP.

MEDIAPEMBAHARUAN.COM, PANGKALPINANG - Kementerian Koordinator Kemaritiman Republik Indonesia bersama Yayasan Putera-Puteri Maritim Indonesia kembali menggelar pelaksanaan Pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia 2018. Pelaksanaan Pemilihan telah dimulai sejak Agustus hingga Oktober 2018 diikuti oleh pemuda-pemudi dari seluruh provinsi di Indonesia. 

Pada 2018 yang merupakan tahun ke 3 pelaksanaan, kegiatan ini diikuti oleh ribuan pendaftar yang merupakan putera-puteri daerah yang memiliki wawasan dan kepedulian terhadap kemaritiman Indonesia. 

Tahap seleksi, verifikasi berkas dan wawancara telah berlangsung pada agustus-hingga September, namun peserta yang lolos dari Bangka Belitung hanya 1 putera saja, atas nama Muhammad Arinda Unigraha Utama, sedangkan pendaftar Puteri tidak ada yang lolos seleksi. 

Arinda atau pemuda yang akrab di sapa "inong" ini terpilih menjadi duta maritim dan akan menjadi wakil satu-satunya pemuda Bangka Belitung yg akan mengikuti Pemilihan di tingkat Nasional dan akan bergabung dengan 64 finalis dari daerah lainnya. 

Selanjutnya para peserta asal daerah akan mengikuti pelatihan, pendidikan, dan karantina pada 20 september - 2 Oktober 2018 di Pusat diklat Komando Armada 1 TNI Angkatan Laut Pondok Dayung Jakarta. 

Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan Univeristas Bangka Belitung ini memaparkan bahwa selama pendidikan para peserta akan dibekali berbagai materi dan perkembangan ilmu pengetahuan terkait kelautan, perikanan, kepemudaan, dan kemaritiman dengan narasumber dari berbagai kementerian seperti Kemenko maritim, Kementrian Kelautan Perikanan, Kementerian Lingkungan Hidup, dan Kementerian Pariwisata, Kementerian Komunikasi dan Informasi TNI Angkatan Laut, serta banyak narasumber lainnya. 

Selain itu para peserta akan dibekali dengan berbagai keterampilan seperti menembak, memanah, kemiliteran, renang, dayung, diving/selamat, olahraga air, "tabel manner", kepemimpinan, dinamika kelompok, audiensi dengan pemerintahan, beauty class, pengelolaan sampah dan lingkungan hidup, " focus grup discussion", dan aksi bakti lingkungan di Pulau Edam Kepulauan seribu. 

Arinda Unigraha, yang juga merupakan perwakilan Bangka Belitung dalam Pemilihan Duta Bahasa Nasional pada Agustus 2018 menyampaikan bahwa, Ia akan mengambil kesempatan baik ini untuk mewakili Bangka Belitung dalam kegiatan kali ini. Motivasi besar untuk mengikuti kegiatan ini adalah agar menambah pengetahuan dan jaringan untuk mengembangkan kemaritiman di Indonesia khususnya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

 Adapun isu utama kedaerah yang akan ia kembangkan dalam kegiatan tersebut adalah Sampah Laut dan aktivitasTambang Laut, ia juga akan mempromosikan keindahan dan potensi wisata bahari/maritim yang dimiliki Negeri Serumpun Sebalai ini.

Diakuinya bahwa terpilihnya ia sebagai Duta Maritim ini tidak lepas dari peran aktif sebagai pemuda daerah, ia bersama rekan-rekan komunitasnya membangun jaringan untuk kegiatan maritim, sering melaksankan penelitian kemaritiman, aksi bersih sampah pantai, dan publikasi potensi maritim Bangka Belitung. 


"Perlu adanya perwakilan Babel dalam kegiatan ini, karena tahun 2017 tidak adak utusan Bangka Belitung yang lolos seleksi. ini merupakan kegiatan resmi dibawah kemenko maritim RI yang berguna untuk pengembangan aktivitas-aktivitas maritim Kepulauan Bangka Belitung. Saya memohon dukungan dari Pemerintah dan masyarakat khususnya pemuda-pemudi Bangka Belitung, karena setelah menyelesaikan Pendidikan ini kami akan mengemban amanah sebagai Duta Maritim selama satu tahun," Ungkap Arinda. (Rapdi)

Artikel Terkait: