PEDULI ANAK DISABIITAS, FAD BASEL RAYAKAN HARI JADI KE-8 BABEL

FAD BASEL dalam penyelenggaraannya melibatkan anak disabilitas di Sekolah Luar Biasa Toboali, Bangka Selatan. Foto/MP.

Caption: FAD BASEL dalam penyelenggaraannya melibatkan anak disabilitas di Sekolah Luar Biasa Toboali, Bangka Selatan. Foto/MP.

BANGKA SELATAN, Mediapembaharuan.com - Forum Anak Daerah Kabupaten Bangka Selatan, merayakan Hari Jadi ke-8 yang jatuh pada tanggal 29 april 2018. Peringatan hari jadi FAD BASEL ke-8 dilaksanakan pada hari selasa tanggal 8 Mei 2018 dengan Tema “ Melalui Hari jadi FAD BASEL ke-8 Mari Wujudkan Bangka Selatan Kabupaten Layak Anak 2019”. 

FAD BASEL dalam penyelenggaraannya melibatkan anak disabilitas di Sekolah Luar Biasa Toboali, Bangka Selatan. Pelaksaan ulang tahun Forum berlangsung di Sekolah Luar Biasa Toboali, parit 3.

Acara yang di laksanakan di SLB Toboali tersebut diselenggarakan sebagai rasa peduli Forum Anak Daerah Basel terhadap anak-anak Disabilitas. Yang mana hal ini merupakan program kerja FAD BASEL di komisi perlindungan khusus, sejak pagi hingga siang penampilan-penampilan seni bergantian dari FAD BASEL dan anak-anak didik SLB berlangsung seru. Saling hidup berdampingan dan saling peduli antar anak harus lebih dipererat lagi. 

FAD BASEL yang selalu melibatkan anak disabilitas untuk bermain dan berkumpul bersama agar dapat memenuhi hak pertisipasi anak dan melindungi anak.

Adapun dalam acara peringatan hari jadi yang ke dalam turut hadir Bapak Benny Supratama, SSTP, M Si selaku Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yang juga menyampaiakan dalam sambutannya bahwa, ada lima kluster hak anak yang harus dipenuhi untuk dapat mewujudkan partisipasi dan perlindungan anak terpenuhi. 

Seperti hak kelangsungan hidup, hak tumbuh kembang anak, hak perlindungan, hak partisipasi, hak identitas diri. Beliau juga menyampaikan bahwa kita harus saling berbagi , dan peduli dengan lingkungan sekitar untuk pemenuhan hak anak, termasuk peduli dengan anak berkebutuhan khusus, tuturnya.

Kegiatan yang berlasung gembira itu juga di hadiri oleh kabid PPPA beserta staf, wakil kepala sekolah SLB, dan orang tua murid SLB. Acara yang cukup sederhana namun meriah ini diakhiri dengan pelepasan balon harapan dan juga pemotongan Tumpeng Oleh Ketua Forum Aak Daerah Bangka Selatan, Nabila beserta pembagian makanan kepada adik-adik SLB.

Forum anak berharap adik-adik SLB tidak merasa sendirian, Karena FAD BASEL adalah sahabat anak disabilitas dan peduli anak disabilitas. Seperti motto FAD BASEL “ Karena Kita Satu Keluarga”. 

Selanjutnya pemerintah juga diharapkan selalu menjadi pendukung serta mitra yang bersahabat dengan FAD BASEL demi mewujudkan terpenuhinya hak-hak partisipasi dan perlindungan anak. (MP-Rapdi Rahasiwi) 


Artikel Terkait: