FORUM ANAK BASEL ROUD TO FORUM ANAK KECAMATAN BABEL

Sabtu 10/03/2018, di gedung serbaguna kecamatan toboali, Forum Anak Bangka Selatan mengundang 100 orang siswa-siswi SMP dan SMA sederajat di kecamatan Toboali. Foto/MP.

Caption: Sabtu 10/03/2018, di gedung serbaguna kecamatan toboali, Forum Anak Bangka Selatan mengundang 100 orang siswa-siswi SMP dan SMA sederajat di kecamatan Toboali. Foto/MP.

BANGKA SELATAN, Mediapembaharuan.com - Kali ini forum anak Bangka Selatan hadir pada program kerja kepengurusan, yakni Forum Anak Bangka Selatan Road To Forum kecamatan. Pada hari sabtu 10/03/2018 di gedung serbaguna kecamatan toboali, Forum Anak Bangka Selatan mengundang 100 orang siswa-siswi SMP dan SMA sederajat di kecamatan Toboali. 

Kegiatan rutin ini mengusung tema “Melalui Forum Anak Kecamatan, Kita Wujudkan Bangka Selatan Kabupaten Layak Anak” yang dibuka oleh kepala bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, Ibu Teguh. Serta di hadiri dan turut mendampingi forum anak Bangka selatan Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kecamatan Toboali dalam hal ini mewakili Camat Toboali yakni bapak Yatman.

Kegiatan Road To Forum Anak Kecamatan 2018 ini adalah salah satu kegiatan yang merupakan program kerja Forum Anak Bangka Selatan sebagai penjaringan anggota baru serta pengurus Forum Anak Kecamatan. Dimulai dari kecamatan Toboali, selanjutnya menuju ke kecamatan lainnya yang ada di Bangka Selatan. Jadi, Forum Anak Bangka Selatan dibentuk dari tingkatan forum anak pada tingkatan, kelurahan, kecamatan hingga Forum Anak Kabupaten Bangka Selatan. Dan nantinya akan dibentuk di tingkat desa.

Sesuai pada tema yang dihadirkan oleh pelaksana kegiatan, Forum Anak Bangka Selatan di dukung penuh oleh kecamatan Toboali seperti yang disampaikan oleh perwakilan camat toboali, Bapak Yatman. Beliau mengapresiasi semangat anak Bangka Selatan yang dalam hal ini wakili oleh Forum Anak Bangsa Selatan dalam mewujudkan Kabupaten Bangka Selatan Layak Anak.

Kegiatan yang dipandu oleh beberapa fasilitator dewasa serta anggota forum anak pun dilanjutkan dengan pengenalan Forum Anak Bangka Selatan. Forum Anak ini merupakan wadah bagi anak-anak yang ada di Bangka Selatan untuk menampilkan segala kemampuan dengan prestasi dan wadah pengaduan terhadap pendiskriminasian anak. Wadah ini juga memang dibentuk dari anak untuk anak, di bawah naungan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Ketua pelaksana, aditya juga menerangkan bahwa Road To Forum Kecamatan juga melakukan pemilihan langsung ketua Forum Anak Kecamatan secara langsung dengan sistem voting oleh seluruh peserta dan anggota forum yang hadir. Dalam hal ini abrilioga dari SMA Negeri 1 toboali terpilih menjadi ketua Forum Anak Kecamatan Toboali tahun 2018. Serta telah terpilih struktur kelengkapan anggota forum anak kecamatan lainnya yang diisi oleh sekolah-sekolah berbeda lainnya.

Istiya marwinda yang kerap disapa kak wiwin juga hadir sebagai falitator dewasa dengan beberapa fasilitator dewasa lainnya. Ia menyampaikan dengan berjalannya program kerja forum anak yang didukung oleh lembaga pemerintah serta elemen masyarakat lainnya maka kabupaten Bangka Selatan Layak Anak akan segera terwujud. Begitu pula dengan perwujudan Provinsi Bangka Belitung layak anak akan diperbantukan dengan kegiatan kami pada hari ini, pungkasnya.(Rapdi Rahasiwi)

Artikel Terkait: