BEGINI PENILAIAN KONTES DURIAN DI AIR MESU BABEL

Warga Desa Air Mesu, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar kontes durian untuk memperkenalkan cita rasa durian lokal yang tidak kalah dengan daerah lain. Foto/tribunnews.

Caption: Warga Desa Air Mesu, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar kontes durian untuk memperkenalkan cita rasa durian lokal yang tidak kalah dengan daerah lain. Foto/tribunnews.

KOBA, Mediapembaharuan.com - Warga Desa Air Mesu, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar kontes durian untuk memperkenalkan cita rasa durian lokal yang tidak kalah dengan daerah lain.

"Berbagai jenis durian kami bawa dalam kontes tahun ini, namun yang menjadi penilaian adalah cita rasa, ketebalan isi dan berat," kata Masdi, ketua pelaksana kontes durian di Desa Air Mesu, Kecamatan Pangkalanbaru, Sabtu.

Ia menjelaskan, durian yang digelar dalam kontes tersebut adalah durian berasal dari Desa Air Mesu atau durian kampung milik sejumlah warga setempat.

"Kontes ini kami gelar bertepatan dengan musim durian di Desa Air Mesu dan desa ini termasuk desa sentra buah durian yang kualitasnya cukup bagus," katanya.

Ia mengatakan, kontes durian lokal ini akan digelar secara rutin pada saat musim durian di desa tersebut dengan melibatkan pihak desa serta mengundang para pejabat Pemkab Bangka Tengah.

"Kami tentu akan menjadikan kontes durian ini agenda rutin, untuk mengenalkan kualitas durian kampung kepada masyarakat dari berbagai daerah," katanya.

Ia juga mengatakan, dengan adanya kontes durian tersebut diharapkan ke depan durian berkualitas di daerah itu bisa diterbitkan sertifikatnya.

"Ini keinginan masyarakat durian lokal atau durian kampung bersertifikat sehingga masyarakat luas bisa mengenal ciri khas durian asal Desa Air Mesu sebagai daerah penghasil durian," katanya. ant

Artikel Terkait: