PEDULI BUDAYA LITERASI, KOSADA BABEL GELAR LAPAK BACA BUKU GRATIS BABEL

KOSADA buka ‘Lapak Baca Buku Gratis’ yang diadakan setiap hari Jumat selesai ashar di Taman Sari, Pangkalpinang. Foto/MP.

Caption: KOSADA buka ‘Lapak Baca Buku Gratis’ yang diadakan setiap hari Jumat selesai ashar di Taman Sari, Pangkalpinang. Foto/MP.

PANGKALPINANG - Budaya literasi yang kurang pada masyarakat saat ini, memicu terjadinya gerakan di kalangan Komunitas penulis di Bangka Belitung yang tergabung di Komunitas Aksara Muda Babel Salah satu gerakannya yaitu ‘Lapak Baca Buku Gratis’ yang diadakan setiap hari Jumat selesai ashar di Taman Sari, Pangkalpinang.

Lapak baca buku gratis ini agenda gebrakan perdana setelah banyak kegiatan lainnya yang dilaksanakan.

“Jadi rangkaian acaranya selain membuka lapak baca, yaitu juga akan diadakan promosi buku dan diskusi yang akan bekerja sama, dengan Komunitas lain untuk mengentaskan buta aksara” ujar Rapdi Rahasiwi, Jumat, (16/02/2018).

Tahir selaku ketua Komunitas Aksara Muda Babel (Kosada Babel) mengatakan bahwa selama proses pelaksanaan lapak baca tidak mengalami kendala mulai dari melakukan lapak baca tersebut.

Lapak baca ini juga bukan hanya diadakan di Taman Sari Pangkalpinang, kedepannya akan juga dilaksanakan di tempat lain. Ujar Tahir

Total buku yang tersedia yaitu 150, terdiri dari buku-buku sastra, sosial, politik, agama,novel dan terkhusus untuk buku karya anak kosada lainnya .

“Bukunya ada banyak, bukan cuma ilmiah yang sering kita temui di perkuliahan. Tapi juga buku politik dan sastra yang anti mainstream,”ujar Tommi salah satu pengunjung lapak baca buku gratis itu.

Tommi mengatakan bahwa saat ini masyarakat kurang memiliki

pemahaman, karena rendahnya minat baca. Jadi dengan diadakannya lapak baca dapat mulai menumbuhkan kembali minat baca di kalangan masyarakat , hal tersebut disambut positif olehnya.

“Saya menyambut positif sih dengan diadakannya hal ini, karena dapat menumbuhkan kembali minat baca masyarakat di Bangka Belitung ,” ucap Tommi.

Komunitas baca ini tidak menutup diri dari mereka yang ingin mendonasikan buku-bukunya dan Komunitas baca ini memiliki media sosial instagram yakni @aksaramudababel. (Rapdi Rahasiwi)

 

 

 

 


Artikel Terkait: