BPBD BABEL AKAN LAKSANAKAN SOSIALISASI KESIAP SIAGAAN BENCANA BABEL

 Ilustrasi - Bencana longsor. Foto/Suara pembaruan.

Caption: Ilustrasi - Bencana longsor. Foto/Suara pembaruan.

BANGKA BELITUNG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bakal meluncurkan program baru untuk mengantisipasi bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa saat ditemui di kantornya, Selasa (30/01/2018) mengatakan fokus utama program itu adalah pencegahan dini, dan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam rangka tanggap darurat bencana.

“Karena tahun 2018 ini melihat situasi dan kondisi kota Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung ini tren kebencanaan hingga tahun ke belakang ini meningkat, ” ujarnya.

Mikron juga menjelaskan dalam menghadapi bencana seperti banjir dan lain-lain BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan melaksanakan sosialisasi kesiapsiagaan menghadapi bencana yang bertujun untuk memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat apabila terjadi bencana tidak akan kaget atau trauma.

“Malahan kalau dulu tren nya bencana hanya bersifat lokal, bersifat sedikit korbannya tapi 2014-2015-2016-2017 ini kan sudah luarbiasa bencana nya, jadi kita sebagai pemerintah harus lebih siaga jadi paradigma yang akan kami bangun dalam program kedepannya, tapi bagaimana cara kita menyiapkan kondisi masyarakat dan kondisi pemerintah siaga jadi kapanpun terjadi bencana mereka selalu siap dan tidak gagap lagi,” harapnya.

Menurutnya sekarang ketika terjadi bencana banyak yang gagap, koordinasinya susah dan sulit mencari tenaga ahlinya. Maka ini adalah salah satu programnyà dalam menyiapkan dan menyiagakan seluruh komponen yang tergabung dalam kebencanaan untuk siap siaga dan akan di setiap kecamatan disiapkan personil-personil pemuda tangguh bencana yang direkrut dari masyarakat.

Karena posisinya yang tahu tentang masyarakat , yang tahu tentang kondisi daerah, kondisi wilayah itu adalah masyarakat sendiri agar membuat mereka tetap siaga, “pungkasnya. (MP-AAL)

Artikel Terkait: