GUBERNUR BABEL MINTA MASYARAKAT WASPADAI BANJIR BABEL

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan. Foto/MP.

Caption: Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan. Foto/MP.

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan meminta masyarakat agar lebih mewaspadai banjir, karena intensitas hujan yang mengalami peningkatan di daerah itu.

"Selama Desember hingga Januari 2018 diperkirakan hujan lebat akan terus mengguyur daerah ini," kata Erzaldi di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan kewaspadaan bencana selama musim hujan ini penting, guna mencegah korban jiwa dan menimalisasi kerugian harta benda.

"Kami berharap masyarakat khusus Kota Pangkalpinang agar lebih waspada, karena potensi terjadinya banjir di ibukota provinsi ini cukup tinggi dibandingkan daerah lainnya," katanya.

Menurut gubernur, potensi banjir di Pangkalpinang tinggi karena sungai yang mengalami pendangkalan, saluran air masyarakat kurang baik dan pembangunan pusat perbelanjaan yang tidak sesuai aturan berlaku. 

"Bangunan swalayan, toko dan kantor dan bangunan lainnya mempersempit saluran air, sehingga di saat hujan lebat turun terjadi genangan dimana-mana," ujarnya.

Untuk itu Erzaldi meminta para pengusaha agar membongkar dan memperlebar kembali saluran air di depan bangunan miliknya. Jangan sampai terjadi lagi musibah banjir seperti dua tahun lalu yang merendam pusat perekonomian Kota Pangkalpinang.

"Banjir dua tahun lalu merupakan bencana terparah yang mana hampir seluruh daerah terendam air berketinggian 1,5 hingga dua meter yang melumpuhkan perekonomian masyarakat," ujarnya. ant

Artikel Terkait: