BIBIT BAWANG MERAH AKAN TEKAN HARGA DI PASAR BABEL BABEL

Ilustrasi - Bibit bawang merah. Foto dari berbagai sumber.

Caption: Ilustrasi - Bibit bawang merah. Foto dari berbagai sumber.

PANGKALPINANG - Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menyalurkan ribuan bibit bawang merah kepada kelompok-kelompok rumah tangga lestari, guna meningkatkan produksi dan mengendalikan harga komoditas itu.

"Kami optimistis bantuan bibit ini dapat menekan harga bawang merah yang selama ini masih berfluktuasi tinggi," kata Kepala Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Babel Ahmad Damiri di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menjelaskan saat ini jumlah kelompok rumah tangga lestari ada 300 unit yang terfokus menanam cabai merah besar, rawit dan sayur mayur lokal lainnya, seperti kankung, tomat, kacang panjang dan lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

"Mudah-mudahan awal tahun nanti ribuan bibit bawang merah ini sudah dibagikan kepada seluruh kelompok rumah tangga lestari ini, sehingga mereka dapat menanam bawang di pekarangan rumahnya," ujarnya.

Menurut Damiri keberadaan rumah pangan lestari ini berhasil membantu pemerintah daerah dalam mengendalikan harga cabai merah dan rawit. Dalam dua bulan terakhir harga cabai bertahan normal Rp30.000 per kilogram, cabai rawit Rp45.000 per kilogram.

"Alhamdulillah kelompok rumah tangga ini berhasil, bahkan sebagian kelompok sudah bisa menjual hasil panen cabainya di pasaran," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, program rumah tangga lestari ini tetap menjadi prioritas pemerintah daerah dalam meningkatkan ketahanan pangan keluarga dan pengendalian harga sayur mayur di daerahnya.

"Dengan adanya program ini, paling tidak pemanfaatan pekarangan rumah ini dapat mengurangi pengeluaran ibu rumah tangga dalam memenuhi kebutuhan sayur mayur keluarganya yang berimbang dan bergizi," ujarnya. ant

Artikel Terkait: