GUBERNUR BABEL HENTIKAN TAMBANG TIMAH DI BELITUNG BABEL

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan. Foto diambil dari berbagai sumber.

Caption: Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan. Foto diambil dari berbagai sumber.

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan menghentikan sementara penambangan bijih timah di di Pulau Belitung, sebagai upaya meminimalisir kerusakan lingkungan di daerah itu.

"Pascabanjir di Belitung dan Belitung Timur bulan lalu, kita hentikan sementara penambangan timah di daerah banjir tersebut," kata Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Rabu.

Penghentian sementara tambang timah ini, kata dia pihaknya melakukan pendataan untuk merestorasi lingkungan di daerah itu.

"Kita sudah mengirim konsultan untuk mendata dan ditargetkan dua minggu ini pendataan ini selesai," katanya.

Erzaldi mengatakan kenapa data-data ini diperlukan, karena pemerintah provinsi ingin melihat izin penambangan ini sejauh mana, amdal, pajak, ekspor timah sejauh mana. Jangan sampai alam terkuras tetapi tidak berdampak terhadap pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

"Apabila ditemukan perusahaan tambang yang menyalahi aturan, maka perizinan perusahaan tambang itu akan dievaluasi," katanya.

Ia mensinyalir perusahaan tambang di Pulau Belitung melakukan ekspor timah melalui pelabuhan-pelabuhan tikus dan administrasi pengiriman timah tersebut menyalahi aturan yang berlaku.

"Ini harus diluruskan, agar usaha penambangan di pulau tersebut sesuai peraturan yang berlaku dan berdampak terhadap percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Untuk itu, kata dia diharapkan Pemkab Belitung, Belitung Timur, pengusaha dan masyarakat mendukung  pendataan perusahaan tambang ini, agar penambangan timah ini berjalan dengan baik sesuai aturan berlaku serta memberikan dampak positif terhadap pembangunan daerah," harapnya. ant

Artikel Terkait: