BI BABEL SIAPKAN RP1,1 TRILIUN UNTUK PENUKARAN UANG BABEL

 Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bayu Martanto, (Foto: Mediapembaharuan.com)

Caption: Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bayu Martanto, (Foto: Mediapembaharuan.com)

PANGKALPINANG - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bangka Belitung (Babel) siap melayani kebutuhan masyarakat akan uang tunai serta sistem pembayaran yang handal selama Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1438 H. 

Dari sisi pengelolaan uang rupiah, persiapan antara lain dilakukan BI dengan penyediaan uang kartal dalam berbagai macam pecahan yang dibutuhkan masyarakat. Selain itu juga BI akan terus berkoordinasi dengan industri terkait, untuk memastikan kegiatan transaksi non tunai berjalan dengan lancar pula. 

Demikian disampaikan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bayu Martanto,  Kamis (8/6) di mess BI Pangkalpinang. 

Ia menyebutkan, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Bank Indonesia memperkirakan adanya peningkatan kebutuhan masyarakat akan uang kartal, sesuai pola musiman. Peningkatan kebutuhan antara lain terkait pembayaran gaji dan Tunjangan Hari Raya (THR), Serta kebutuhan lainnya terkait Hari Raya Idul Fitri. 

Pada tahun 2017, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Babel menyiapkan uang Sebesar Rp1,1 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat (penukaran uang) selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1438 H.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, BI terus memastikan tersedianya uang tunai dalam berbagai pecahan, antara lain dengan menyediakan layanan penukaran uang kas untuk masyarakat di mess kantor Perwakilan Bank Indonesia Prov Kep Babel pada  5 - 22 juni 2017 mulai pukul 08.00 - 12.00 WIB. 

"Selain di BI Babel, masyarakat dapat juga menukarkan uang pecahan kecil di bank bank swasta maupun milik pemerintah lainnya yang ada di Babel," pungkasnya.(war)

Artikel Terkait: