PEMPROV BABEL TAWARKAN INVESTASI PEMBANGUNAN TRANS SUMATERA BABEL

 Ilustrasi

Caption: Ilustrasi

PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menawarkan investasi pembangunan Jembatan Trans Sumatera kepada investor Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle (IMT-GT) ke-24 yang akan digelar di daerah itu.

"Mudah-mudahan ada investor yang berminat berinvestasi membangun jembatan penghubung antara Pulau Bangka dengan Pulau Sumatera ini," kata Kepala Biro Perekonomian Setda Kepulauan Babel Sudarman usai Rakor Pertemuan Tingkat Menteri IMT-GT ke-24 di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan IMT-GT ke-24 akan digelar pada 26 hingga 29 September 2017 di Kota Pangkalpinang dan akan diikuti 250 pejabat setingkat Menteri dari Indonesia, Malaysia, Thailand dan para pengusaha dari tiga negara tersebut.

"Pada kegiatan nanti kita akan fokuskan pemaparan informasi potensi investasi pembangunan Jembatan Trans Sumatera kepada peserta IMT-GT, guna mempercepat pembangunan dan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Ia mengatakan saat ini pembangunan jembatan Trans Sumatera sudah memasuki prastudi kelayakan dan menguji berbagai aspek, misalnya ekonomi, lingkungan, budaya dan lainnya.

"Kita akan mengajak pejabat dan pengusaha peserta IMT-GT ke lokasi pembangunan jembatan tersebut," ujarnya.

Menurut dia pembangunan jembatan ini akan berdampak positif terhadap pembangunan dan percepatan perekonomian masyarakat Bangka Belitung, terutama percepatan pembangunan pariwisata.

"Masyarakat di Pulau Sumatera akan mudah berkunjung dan berwisata menikmati keindahan pantai, seni budaya dan kuliner di Pulau Bangka dan Belitung," ujarnya.

Selain itu, kata dia, jembatan ini akan meningkatkan kelancaran transportasi darat dalam memasok berbagai kebutuhan pangan dari Pulau Sumatera ke Pulau Bangka atau sebaliknya.

"Selama ini kita masih mengandalkan pasokan pangan, sayur mayur dan lainnya dari Pulau Sumatera, karena hasil pertanian yang masih kurang," ujarnya. (ant)

Artikel Terkait: