PEMPROV BABEL BUBARKAN 377 KOPERASI BABEL

 Ilustrasi

Caption: Ilustrasi

PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membubarkan 377 unit koperasi karena tidak aktif menjalankan usaha dan rapat anggota tahunan.

"Kita akan mengajukan segera mengajukan ke Kementerian Koperasi untuk dibubarkan koperasi tidak aktif ini," kata Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepulauan Babel Jon Tuhadi Saragih di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan sebanyak 377 koperasi tidak aktif tersebut tersebar di Kabupaten Bangka 37 unit, Bangka Tengah 86 unti, Bangka Selatan 26 unit, Bangka Barat 12 unit koperasi.

Selanjutnya koperasi tidak aktif di Kota Pangkalpinang 80 unit, Kabupaten Belitung 69 unit dan Belitung Timur 47 unit.

"Kami sudah mengeluarkan peringatan pembubaran kepada koperasi yang tidak aktif, agar segera menjalankan usaha dan mengelar rapat anggota sesuai perundang-undangan yang berlaku," ujarnya.

Menurut dia, apabila selama enam bulan dari penerbitan surat peringatan ini, pengurus koperasi tidak menjalankan usahanya maka pihaknya akan berkirim surat ke Kementerian Koperasi untuk segera membubarkan koperasi tersebut.

"Saat ini pembubaran koperasi ini diambil alih oleh Kementerian Koperasi, sementara pemerintah daerah hanya membina dan mengawasi operasional koperasi ini," ujarnya.

Ia mengatakan banyaknya koperasi yang tidak aktif, karena sumber daya manusia pengurus dan anggota koperasi yang masih rendah dalam memahami visi misi pembentukan koperasi itu.

"Saat ini masih banyak pengurusan koperasi dilakukan secara kekeluargaan dan  sistem kepercayaan, sehingga usaha koperasi tersebut sulit berkembang pada akhirnya gulung tikar," ujarnya.(ant)

Artikel Terkait: