BMKG: BABEL MASIH BERPOTENSI HUJAN PETIR BABEL

 Ilustrasi

Caption: Ilustrasi

PANGKALPINANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang memprakirakan sebagian daratan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih berpotensi dilanda hujan disertai petir dan angin kencang pada Selasa (28/2).

"Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada siang dan sore hari di sebagian daratan Provinsi Kepulauan Babel terutama di wilayah Bangka Bagian Tengah dan Utara," kata staf Koordinator Unit Analisa Kantor BMKG Pangkalpinang, Nur Setiawan, Senin.

Ia menyebutkan daratan yang berpotensi dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di antaranya Belinyu, Sungailiat, Pangkalpinang, dan Koba, sementara Muntok, Jebus, Sungai Selan, Toboali, Tanjungpandan, Manggar, dan Selat Nasik hanya berpotensi hujan ringan.

Rata-rata kecepatan angin di berbagai wilayah di provinsi ini berkisar antara 6 sampai 24 kilometer per jam dengan suhu 23-31 derajat Celsius dan kelembaban udara 67-98 persen.

Sementara itu, tinggi gelombang signifikan di jalur penyeberangan di Selat Bangka diprakirakan berkisar antara 0,25 sampai 0,5 meter, Selat Gelasa dan Selatan Bangka 0,25 sampai 0,75 meter, Utara Bangka 0,25 sampai 1,25 meter, dan di Selat Karimata antara 0,5 hingga 1,5 meter.

"Para nelayan tradisional tetap perlu mewaspadai ketinggian gelombang maksimum di jalur penyeberangan yang dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," katanya.

Nur Setiawan menyebutkan rata-rata kecepatan angin di perairan di Provinsi Kepulauan Babel diprakirakan antara 8 sampai 36 kilometer per jam yang bergerak dari Barat ke Utara dan dari Barat Laut ke Timur Laut.

Ia mengimbau para nelayan tradisonal agar tetap memperhatikan kelengkapan alat keselamatan sebelum turun melaut guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena setiap saat cuaca dapat saja berubah tanpa terduga.(red)

Artikel Terkait: