PEMPROV BABEL GRATISKAN TARIF JEMBATAN EMAS BABEL

 Jembatan Emas

Caption: Jembatan Emas

PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengratiskan tarif kendaraan dan kapal laut melewati Jembatan Emas, agar masyarakat bisa menikmati pembangunan jembatan berteknologi 'bascule' atau sistem buka tutup yang menghubungkan Kota Pangkalpinang dengan Kabupaten Bangka itu.

"Masyarakat yang melewati jembatan ini gratis, meski biaya operasi jembatan buka tutup ini cukup tinggi," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kepulauan Babel Hasanuddin di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan pembangunan Jembatan Emas senilai Rp420 miliar ini sudah selesai 100 persen dan siap dioperasikan untuk mempersingkat jarak transportasi dan pendistribusian berbagai kebutuhan pokok dari Kota Pangkalpinang ke Kabupaten Bangka.

"Waktu yang dibutuhkan untuk buka tutup jembatan ini 15 menit dan satu kali angkat dibutuhkan 30 liter solar atau dibutuhkan biaya Rp200 ribu untuk sekali angkat jembatan tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan dana operasi jembatan ini menggunakan APBD sebesar Rp2 miliar per tahun, sehingga masyarakat tidak perlu membayar biaya atau retribusi jembatan itu.

Sementara itu sumber daya manusia (SDM) untuk  mengoperasionalkan jembatan ini, menggunakan tenaga kerja lokal yang sudah dilatih.

"Kami membentuk dua tim yaitu tim teknis yang bertanggungjawab infrastruktur dan tim terpadu merupakan tim gabungan terdiri dari KSOP, Navigasi, Dinas Perhubungan, Tim SAR dan instansi terkait lainnya," ujarnya.

Jadi, lanjut dia operasional jembatan ini tidak ada masalah dan siap diresmikan Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Saat ini peresmian operasi Jembatan Emas hanya menunggu waktu dan jadwal Presiden RI, karena jembatan ini sudah beberapa kali dioperasikan dan tidak ada masalah," katanya.(red)

Artikel Terkait: