Bulog Babel Siapkan 12 Ribu Ton Beras BABEL

 Ilustrasi.

Caption: Ilustrasi.

MEDIA PEMBAHARUAN.COM,PANGKALPINANG - Perum Bulog Subdrive Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2017 menyiapkan 12 ribu ton beras miskin (raskin) meliputi golongan anggaran dan bencana alam.

"Untuk bencana alam disiapkan 500 ton meliputi lima kabupaten dan kota di Bangka atau tiap daerah 100 ton. Beras miskin disiapkan 7.800 ton, operasi pasar 2.400 ton dan golongan anggaran beras miskin daerah (raskinda) 300 ton per tahun," kata Kepala Perum Bulog Subdrive Bangka, Agus Sutarto di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia menyebutkan stok beras tersebut didatangkan dari luar daerah karena produksi beras di Babel belum bisa mencukupi kebutuhan masyarakat setempat.

"Untuk menghadapi berbagai kemungkinan sepanjang 2017, kita harus siap termasuk memenuhi kebutuhan pangan saat terjadi bencana," katanya.

Bulog terus berkoordinasi melakukan pemantauan dan evaluasi dengan pihak terkait guna menjamin distribusi beras berjalan secara transparan, tepat jumlah, tepat waktu dan berkualitas.

"Bulog juga selalu bekerjasama dengan pihak-pihak terkait seperti badan ketahanan pangan, disperindag dan sebagainya," katanya.

Ia berharap Babel tidak bergantung dengan daerah lain dalam memenuhi ketersediaan stok pangan nantinya.

"Untuk selanjutnya kita berharap kebutuhan stok di Babel lebih mandiri agar tidak bergantung dengan daerah lain," katanya.

Selain itu, katanya sepanjang 2017 akan ada penambahan stok 2.000 ton untuk memenuhi kebutuhan minimal tiga bulan pada 2018,(ant)

Artikel Terkait: