Dinkesos Babel Siap Salurkan 19 Ton Beras BABEL

 Ilustrasi

Caption: Ilustrasi

MEDIA PEMBAHARUAN.COM,PANGKALPINANG - Dinas Kesejahteraan Sosial (Dinkesos) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan siap menyalurkan 19 ton beras untuk meringankan beban penderitaan para korban bencana alam di daerah itu.

"Saat ini stok bantuan beras dan kebutuhan lainnya cukup dan siap disalurkan kepada para korban banjir," kata Kepala Dinkesos Kepulauan Babel M. Aziz Haradad di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menjelaskan sebanyak 19 ton beras bantuan untuk korban banjir, angin puting beliung, longsor dan bencana alam lainnya disimpan di Gudang Bulog Bangka.

"Hingga saat ini kami belum menerima permintaan bantuan dari korban bencana alam," ujarnya.

Ia mengatakan belum adanya permintaan bantuan, karena penanganan korban bencana alam masih dapat ditangani pemerintah kabupaten/kota.

"Kami siap menyediakan 100 ton beras jika ada bencana skala besar yang membutuhkan penanganan cepat," ujarnya.

Menurut dia selama awal tahun ini telah terjadi beberapa bencana alam seperti banjir, angin puting beliung dan kecelakaan kapal karena perubahan cuaca yang cukup ekstrim.

"Kami menilai pemerintah kabupaten/kota dan masyarakat sudah siap menghadapi perubahan cuaca ekstrim ini, namun demikian pihaknya terus bersiaga agar penanganan dan penyaluran bantuan kepada korban bencana dapat berjalan dengan baik dan cepat," ujarnya.

Ia berharap masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan melapor kepada instansi terkait misalnya BPBD, SAR, Dinsos dan pihak terkait lainnya jika terjadi bencana alam," ujarnya. (ant)

Artikel Terkait: