PKK Babel Gencarkan Gerakan Tanam Cabai BABEL

 Ilustrasi.

Caption: Ilustrasi.

MEDIA PEMBAHARUAN.COM, PANGKALPINANG - Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengencarkan program gerakan tanam cabai guna meningkatkan produksi cabai lokal di daerah itu.

"Kegiatan edukasi dan bantuan bibit cabai kepada ibu-ibu rumah tangga lebih ditingkat dalam merealisasikan Program Gencar Menanam Cabai (Gertamcabai)," kata Plt. Ketua TP PKK Babel Kepulauan Ervina Murniati Yuswandi di Pangkalpinang, Jumat.

Untuk mengoptimalkan program tersebut, pihaknya bekerja sama dengan BPTP Balitbang dan Dinas Pertanian tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk membantu masyarakat dalam mengembangkan perkebunan cabai ini.

"Bantuan bibit cabai yang akan disalurkan lebih berkualitas dengan harapan hasil cabai yang diperoleh ibu rumah tangga dan petani lebih banyak," ujarnya.

Selain itu, pembinaan dan pelatihan bercocok tanam cabai kepada masyarakat lebih tepat dan bermanfaat bagi masyarakat dalam mengembangkan usaha pertanian hortikultura itu.

"Kami bersama petugas penyuluh pertanian melakukan pendampingan kepada kepada masyarakat, bagaimana cara menanam, merawat, dan menangani hama cabai," ujarnya.

Ia berharap Program Gertamcabai ini dapat memberikan dampak yang positif pada ekonomi masyarakat sekaligus membantu pemerintah daerah dalam menjaga stabilitas harga cabai di tengah masyarakat.

"Jika hasil panen cabai banyak, tentu akan menekan harga cabai di pasaran sehingga tidak akan terjadi lagi lonjakan harga tinggi yang memberatkan ekonomi ibu-ibu rumah tangga dalam memenuhi kebutuhan kesehariannya," ujarnya.(ant)

Artikel Terkait: