Kunjungan Wisatawan di Babel Mencapai 300 Ribu BABEL

 Pulau Ketawai merupakan salah satu destinasi yang menjadi tempat favorit wisatawan yang berkunjung ke Babel.

Caption: Pulau Ketawai merupakan salah satu destinasi yang menjadi tempat favorit wisatawan yang berkunjung ke Babel.

MEDIA PEMBAHARUAN.COM, PANGKALPINANG - Kunjungan wisatawan Nusantara dan mancanegara di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selama Januari-November 2016 mencapai 300 ribu orang, meningkatkan dibandingkan periode sama pada tahun sebelumnya yang mencapai 270 ribu orang.

"Kami terus mempromosikan destinasi wisata dan membenahi infrastruktur pariwisata, guna meningkatkan kunjungan wisatawan ini," kata Kepala Bidang Promosi Pariwisata Disbudpar Kepulauan Babel Ari Primaiaya di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menjelaskan kunjungan wisatawan pada semester pertama 2016 mengalami peningkatan 30 persen, karena ada moment Gerhana Matahari Total di Bangka Tengah dan Belitung.

Sementera kunjungan wisatawan pada semester kedua  2016 juga mengalami peningkatan sekitar 17 persen dibandingkan semester yang sama tahun sebelumnya.

"Diperkirakan pada semester ketiga 2016 juga mengalami peningkatan yang cukup tinggi, karena adanya moment Sail Karimata, Sail Indonesia Wonderful, Natal dan Tahun Baru," ujarnya.

Ia mengatakan pada tahun ini kunjungan wisatawan ditarget naik sekitar lima persen dari jumlah total kunjungan wisatawan tahun sebelumnya.

"Kami optimistis target tahun ini tercapai, apalagi telah ditetapkannya Bandara Belitung sebagai bandara internasional dan juga peningkatan infrastruktur Bandara Bangka serta pembangunan dan pengembangan infrastruktur pendukung pariwisata lainnya," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mengoptimalkan mempromosi destinasi wisata melalui kegiatan pameran ditingkat nasional dan internasional.

"Kami berharap pemerintah kabupaten/kota dan pelaku pariwisata untuk lebih meningkatkan sinergitas dengan pemerintah provinsi dan pusat dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ini," harapnya.(ant)

Artikel Terkait: