Realisasi APBD 2016 Babel 88,5 Persen BABEL

 Ilustrasi

Caption: Ilustrasi

MEDIA PEMBAHARUAN.COM,PANGKALPINANG - Plt Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Yuswandi A Temenggung mengatakan realisasi APBD provinsi pada 2016 tercatat mencapai 88,5 persen dengan pembangunan fisik mencapai 90 persen.

"Capaian realisasi APBD tahun lalu itu belum diaudit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)," kata Yuswandi usai memimpin Rapat Evaluasi APBD 2016 di Pangkalpinang, Senin.

Ia menjelaskan, dari realisasi tersebut persentase serapan per bulan mencapai 12,5 persen. Untuk evaluasi belanja langsung, jumlah paket pengadaan yang dilelang ada 215 paket dan paket yang selesai dilelang hanya 151 paket.

"Kita harus memfinalkan laporannya agar audit dapat segera dilakukan," ujarnya.

Menurut dia dalam realisasi APBD ada beberapa permasalahan yang membuat SKPD sulit mencapai target seperti perencanaan teknis terhadap anggaran belum tepat dan pengadaan barang dan jasa yang terlambat.

"Sistem administrasi kegiatan yang masih lemah dan penyerapan yang masih menumpuk di triwulan akhir juga menjadi salah satu permasalahan realisasi anggaran," ujarnya.

Ia berharap persiapan APBD 2017 dioptimalkan dengan pengokohan sistem kerja, administrasi dan koordinasi antarpengguna anggaran.

"Semua sistem harus dikokohkan dan hubungan antarpengguna anggaran, PPK, PPTK harus baik sehingga realisasi APBD 2017 lebih baik lagi," ujarnya.(ant)

Artikel Terkait: