Pemprov Babel Buka 112 Hektare Kebun Cabai BABEL

 Petani Cabai.(Ilustrasi)

Caption: Petani Cabai.(Ilustrasi)

MEDIA PEMBAHARUAN.COM,PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membuka 112 hektare perkebunan cabai guna memotivasi petani mengembangkan komoditas itu.

"Program pengembangan cabai tahun ini cukup besar dibandingkan tahun lalu, guna meningkatkan produksi cabai petani lokal," kata Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kepulauan Babel Toni Batubara di Pangkalpinang, Senin.

Anggaran pembangunan kebun cabai berasal dari APBN dan APBD 2017 dengan rincian dana dari APBN untuk membuka lahan seluas 90 hektare dan APBD untuk 22 hektare.

"Saat ini kami sedang mendata dan mencari kelompok petani dan lahan pembangunan kebun cabai ini," ujarnya.

Ia mengatakan kelompok petani yang mendapatkan program bantuan pembangunan kebun cabai itu juga akan diberikan bibit, pupuk dan bantuan pengolahan, agar mereka mudah mengembangkan usaha pertaniannya.

"Kami akan mengawasi dan mendampingi petani dalam mengelola perkebunan cabai ini, agar hasil yang diperoleh dapat meningkatkan kesejahteraan petani," ujarnya.

Untuk itu, Pemkot akan mengatur masa tanam cabai agar saat panen petani masih mendapatkan harga tinggi.

"Jika harga cabai di petani tinggi tentu akan memotivasi petani untuk lebih mengembangkan pertanian komoditas ini secara mandiri," ujarnya.    
    
Ia berharap program itu dapat menjaga stabilitas harga cabai di pasaran.

"Kami harapkan nantinya cabai ini tidak lagi hal yang menakutkan bagi masyarakat yang kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan cabainya," ujarnya.(ant) 

Artikel Terkait: