BKKBN Babel Bangun 47 Kampung KB BABEL

 BKKBN

Caption: BKKBN

MEDIA PEMBAHARUAN.COM, PANGKALPINANG - Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membangun 47 Kampung Keluarga Berencana (KB) di daerah terpencil, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah itu.

"Tahun ini kami akan mendirikan kampung KB di 47 desa terpencil sebagai wujud kepedulian pemerintah dalam pendampingan dan pembinaan kepada masyarakat," kata Kabid Advokasi Penggerakan dan Informasi BKKBN Kepulauan Babel, Medi Heryanto di Pangkalpinang, Kamis.

Ia menjelaskan program Kampung KB ini dimulai 2016 dan telah membangun tujuh kampung KB di Kelurahan Tuatunu, Desa Kapur, Peradong Simpang Teritip, Belimbing Lubuk Besar, Kepo Toboali, Lassar Membalong dan Desa Senyubuk Kelapa Kampitr.

"Pada tahun ini akan ditambah 47 kampung KB dan selanjutnya akan terus ditingkatkan, agar pemahaman masyarakat tentang program KB semakin baik," ujarnya.

Menurut dia dibentuknya kampung KB dapat mewujudkan keluarga kecil berkualitas melalui program kependudukan, keluarga berencana (KB) dan pembangunan keluarga serta sektor terkait.

"Kegiatan lintas sektor yang akan kita garap di kampung KB yaitu bidang pengendalian penduduk dan KB, program kesehatan, sosial ekonomi, pendidikan, lingkungan, perumahan serta bidang lain yang sesuai dengan masyarakat," ujarnya.

Ia menambahkan, syarat suatu desa untuk ditetapkan sebagai Kampung KB tidaklah mudah karena kriteria pemilihan wilayah pembentukan kampung KB salah satunya harus daerah atau desa kumuh.

"Tidak semua desa bisa ditetapkan sebagai kampung KB, kriteria desanya yaitu wilayah kumuh, pesisir pantai/nelayan, kawasan miskin termasuk di perkotaan, desa tertinggal/terpencil, desa perbatasan dan wilayah desa aliran sungai (DAS)," ujarnya.(ant)

Artikel Terkait: