Pemprov Babel Intensifkan 1.000 Hektare Lada Petani BABEL

 kebun lada di Babel.(ilustrasi)

Caption: kebun lada di Babel.(ilustrasi)

MEDIA PEMBAHARUAN.COM, PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengintensifkan pengelolaan 1.000 hektare lahan perkebunan lada petani, guna meningkatkan produksi komoditas unggulan daerah itu.

"Kami optimistis program ini dapat meningkatkan animo petani dalam mengembangkan usaha perkebunan komoditas ekspor ini," kata Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Babel Zola di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan program perkebunan lada yang dananya berasal dari APBD 2017 tersebut adalah untuk mengoptimalkan pengelolaan perkebunan lada putih petani, sehingga akan meningkatkan hasil dan kesejahteraan petani.

"Mudah-mudahan April tahun ini program ini sudah berjalan, sehingga petani tidak lagi kesulitan mendapatkan bibit unggul, pupuk, racun hama tanaman dan pelatihan dalam menangani hama tanaman lada putih," ujarnya.

Ia mengatakan optimalisasi pengelolaan 1.000 hektare perkebunan petani lada putih itu akan dilakukan di Kabupaten Bangka Selatan 400 hektare, Bangka Barat 200 hektare, Belitung Timur 200 hektare dan Belitung 100 hektare dan Kabupaten Bangka 100 hektare.

"Kami berharap dengan adanya program ini dapat meningkatkan animo petani mengembangkan usaha perkebunannya, mengingat permintaan lada putih dunia yang cukup tinggi," ujarnya.

Menurut dia dalam dua tahun terakhir ini pemerintah daerah lebih memprioritaskan program intesifitas dibandingkan pembukaan lahan baru perkebunan lada, mengingat ketersediaan lahan yang mulai terbatas, selain itu biaya program lahan baru yang tinggi.

"Alhamdulillah program ini sudah cukup berhasil, seiring produksi lada petani 2016 mencapai 36.211 ton atau mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya 31.408 ton," ujarnya.(ant) 

Artikel Terkait: